Makan AYAM dan Telurnya dengan AMAN….

ayam-telor.jpgDengan adanya wabah Flu Burung (AVIAN INFLUENZA) masyarakat takut mengkonsumsi daging ayam dan telur. Terlebih lagi adanya pemberitaan yang kurang, seimbang sehingga konsumsi produk unggas turun drastic. Kajian terakhir Kelompok Kerja Penyidik Penyakit (K2P2) memastikan bahwa sejauh ini Al di Indonesia belum menular ke manusia. Berdasarkan kajian tersebut pemerintah meyakinkan rnasyarakat untuk tidak khawatir mengkonsumsi daging ayam, telur ataupun produk unggas lainnya sepanjang berasal dari ayam yang sehat dan telah dimasak secara benar.

Menurut sumber WHO, mengatakan sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai penularan Virus Flu Burung (H5N1) dari manusia ke manusia,berbeda dengan SARS yang menular dari manusia penderita ke manusia lainnya melalui kontak langsung. Dari bukti ilmiah diketahui Virus Avian Influenza dalam daging ayam dapat mati atau rusak dengan cara
pemanasan tertentu, maka dengan pemanasan adalah upaya pengamanan bahan asal hewan unggas:

  • Daging ayam, dipanaskan pada suhu 80 ºC selama 1 menit
  • Daging ayam dengan pemanasan pada suhu 60 ºC selama 4 menit
  • Telur dengan pemanasan pada suhu 64 ºC selama 4,5 menit

Daging ayam dan telur yang telah dimasak secara benar dapat dikonsumsi dan tidak perlu was-was akan menularkan penyakit, karena Virus Al sudah mati pada saat kita memasak dalam air mendidih atau minyak panas yang pasti Iebih dari 1 menit. Jadi silakan menyantap daging ayam dan telur sepanjang dimasak dengan benar.
Flu Burung bukan penyakit yang ditularkan melalui makanan (bukan Food Borne Disease) untuk itu:

Pemerintah menjamin masyarakat aman mengkonsumsi telur, daging ayam dan produk olahannya. Tidak ada penularan Flu Burung melalui daging ayam dan telur Makan daging ayam dan telur perlu untuk kesehatan clan kecerdasan anak bangsa.

Untuk tips memilih ayam silahkan baca Tips-membeli-menyimpan-ayam-halal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: