Seledri sesegar khasiatnya…

seledri.jpgSeledri (Apium graveolens L.) sudah lama dikenal sebagai obat hipertensi. Tanaman yang juga terlihat cantik jika ditanam dalam pot ini lebih dulu dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Daun seledri biasa dipakai untuk memperkaya cita rasa sajian atau kaldu. Sup kacang merah dan bubur ayam kurang lengkap rasanya jika tanpa taburan daun seledri di dalamnya. Di Eropa, batang seledri yang besar sering dibuat sebagai salad dengan saus mayones atau bechamel (saus berbahan dasar susu) sebagai isi roti sandwich.

Tanaman yang sudah dikenal sejak sejarah awal Mesir, Yunani dan Romawi ini sebenarnya termasuk jenis sayuran yang diambil batangnya. Meski demikian dalam kesusastraan kuno terdapat dokumen yang menyebutkan seledri atau tanaman sejenisnya telah ditanam guna keperluan pengobatan sejak 850 Sebelum Masehi. Biji tanaman asli lembah sungai Mediterranian ini digunakan oleh tabib Ayurveda kuno untuk mengobati demam, flu, penyakit pencernaan, beberapa tipe arthritis, penyakit limpa dan hati.

Berdasarkan penelitian, tanaman keluarga Apiaceae ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Ia juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres. Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Berdasarkan hasil penelitian, seledri juga mengandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.

Masyarakat pedesaan telah lama memanfaatkan seledri sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri yang mempunyai sifat mendinginkan dipercaya dapat mendinginkan kepala. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, air perasan daun seledri dapat sekaligus menyuburkan dan menghitamkan rambut serta tidak mempunyai efek samping.

Nama Lain :
Celery (Inggris), Celeri (Perancis), Seleri (Italia); Selinon, Parsley (Jerman), Seledri (Indonesia); Sledri (Jawa), Saledri (Sunda);

Tumbuh :
Seledri (Apium graveolens) dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Tumbuhan seledri dikatageorikan sebagai sayuran, perkebunan seledri di Indonesia terdapat di Brastagi, Sumatera Utara dan di Jawa Barat tersebar di Pacet, Pangalengan dan Cipanas yang berhawa sejuk.

Kandungan :
Seledri mempunyai banyak kandungan gizi antara lain, (per 100 gr):

  • kalori sebanyak 20 kalori,
  • protein 1 gram
  • lemak 0,1 gram
  • hidrat arang 4,6 gram
  • kalsium 50 mg
  • fosfor 40 mg
  • besi 1 mg
  • Vitamin A 130 SI
  • Vitamin B1 0,03 mg
  • Vitamin C 11 mg Dan 63% bagian dapat dimakan.
  • Daun seledri juga banyak mengandung apiin, di samping substansi diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Hipertensi, Sakit mata, Reumatik;

Cara guna:
1. Hipertensi
Bahan: daun seledri secukupnya
Cara membuat: diperas dengan air masak secukupnya kemudian
disaring;
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari 2 sendok makan, dan
dilakukan secara teratur.
Catatan : penggunaan berlebihan berbahaya!

2. berguna untuk obat mata yang memiliki khasiat mengatasi sakit mata
kering.
Bahan: 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, 1 tangkai
daun kemangi.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama kemudian
diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring.
Cara menggunakan: di minum biasa.

3. Reumatik
Bahan: 1 tangkai daun seledri
Cara menggunakan: dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

sumber : sinar harapan, iptek.net.id

33 Balasan ke Seledri sesegar khasiatnya…

  1. ita mengatakan:

    makasi atas infonya terkadang melihat dan mendengar segala sesuatu selalu berdampingan dengan senyawa kimiawi takut rasanya untuk makan …. takut terkena penyakit yang serius btw …… semua adalah kehendaknya

  2. v-jay mengatakan:

    ikut baca :)

  3. feronika mengatakan:

    hiiiiiiiiii………….lengkap banget??????????n thanks ya infonya?????????

  4. mitha.moetz mengatakan:

    LENGKAP BANGETZ…THANK’Z YOK DAH MEMPERMUDAH AQ TUK NELITI NITUMBUHAN DO’AIN SUKSES YO….

  5. williams mengatakan:

    wah..pas banget aku masuk ke blog ini, soalnya hari ini aku ngak sengaja beli selidri banyak karena ingin aja..he.he..(seperti terhipnotis..sama tukang jual seledri harus beli banyak..) sampe rumah wah..aku langsung bingung buat apa nih seledri banyak banget. Tanpa pikir2 wa langsung duduk liat komputer cari khasiatnya nih seledri..eh..ternyata wa ngak salah, beli banyak juga ngak apa-2 hi.hi. ternyata banyak khasiatnya, thanks..(ngacir) wuzh……!!!

  6. budiartiningsih mengatakan:

    ye ye ye pas banget lagi pengen cari info ttg nih daun yang hijau cantik and wangi masak sop, baso and bikin nasi kuning kurang lengkap nih pake seledri thanks

  7. nadia mengatakan:

    efek samping nya itu apa dari daun seledri ????

  8. Nida Al-Wafa' mengatakan:

    akh,ana copaz ya? ;-)

  9. abu nabila mengatakan:

    istriku sedang coba-coba berkebun seledri.

  10. khalid mengatakan:

    semoga bermanfaat bagi kita semua….ini adalah solusi yang yang menyehatkan.

  11. khalid mengatakan:

    trim resepnya ya, akan saya coba

  12. firdaus mengatakan:

    Trima kasih infonya……… Berguna ni buat pengobatan alternatif ibu q yang sudah lama hipertensi……..

  13. erwin mengatakan:

    katanya daun sledri bisa untuk mengkriting rambut apa itu bener?

  14. kandi mujahiddin mengatakan:

    sekali2 kita coba dong …..

  15. parna mengatakan:

    seledri apa benar untuk menurunkan darah tinggi?

  16. Dini mengatakan:

    tambahin juga donk khasiat buat rambut… buat para wanita pengen rambutnya kuat n bebas rontok berlebihan :p
    – visit http://m.rujakasik.com

  17. tata mengatakan:

    bsa mnurun kan darah ga yah saledri………………

  18. Mamit Sumit mengatakan:

    Matur suwun infonya, klo dikonsumsi dlm bentuk kapsul khasiatnya sama gak ya ?

  19. heri subowo mengatakan:

    khasiatnya ok memang,tapi kalo overdosis apa effeknya? trus takaran yang tepat untuk konsumsi pengobatannya bgm? mksh

  20. Chairil anam mengatakan:

    Khasiat memang luar biasa! Yang mau bercinta bisa coba makan dulu 3batang+daun seledri,khasiatnya melebihi viagra.

  21. oema mengatakan:

    makasih atas infonya.kebetulan sedang cari-cari bahan untuk tugas akhir.mau tanya jg, klo tentang khasiat seledri yang bisa menyuburkan rambut dan menghitamkan rambut itu sudah ada penelitiannya atau belum yah??

  22. Fitri mengatakan:

    Thanks Atas infonya yg sebegitu lengkap.

  23. Mamat mengatakan:

    Thakz you very much…

  24. AGUNAWAN mengatakan:

    KEBETULAN SUKA BUANGET NIH AMA DAUN SELEDRI
    HEHE
    JD NGGAK TKUT LG DEH MAKAN DAUN SELEDRI
    HEHE

  25. mutiara mengatakan:

    emmm..
    aku suka bget seledri..
    n alhamdulilah ada khasiatx jga..
    jdi ksih atas infox

  26. habib prima mengatakan:

    trima kasih atas info nya

  27. [...] Ia memasukkan seledri dalam suku Umbelliferae, yang sekarang dinamakan Apiaceae (suku adas-adasan) (http://pikojogja.wordpress.com/2007/03/08/seledri-seharum-khasiatnya/, [...]

  28. Muhammad mengatakan:

    di samping khasiatnya, efeknya apa yea……

  29. wonk cerbon mengatakan:

    bagi info efek samping dr sledri dooonk……???

  30. suratman mengatakan:

    kalo untuk di bikin jus takaranya berapya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: